Saturday 7 November 2009

Maju Mundur Buat Mulai

Berangkat dari ketidak-nyamanan aku terhadap kondisi perusahaan yang sudah tidak lagi 'kondusif',, maka aku putuskan untuk melakukan kegiatan sambilan dengan

mencoba berdagang secara Online yang rencananya nanti dilanjutkan ke Offline. Ya..,, hitung2 pasang kuda2 bila pada akhirnya perusahaan sudah tidak sanggup lagi

menahan segala biaya dan berujung pada pemulangan para karyawannya, alias dipecat2in... xixi

Langkah pertamaku adalah menentukan nama toko Online-ku terlebih dahulu.. Hmm,, ga ada salahnya memakai gabungan nama anak-ku,, begitu pikirku. Akhirnya aku beri nama 'Gifroo's Shop',, yang diambil dari nama ke-dua anakku Gifta dan Roofi. Terus aku buat di blogspot.com. Jadi deh gifroo.blogspot.com.

Langkah kedua, menentukan isi toko Online-ku. Browsing.. Serbu..!! hehehe... Hunting sana, hunting sini.. Kik sana, klik sini... Fiuh..,, ternyata ga mudah menentukan

barang yang cocok. Yang mudah dikenal. Yang bisa menjadi barang kebutuhan konsumen umum. Yang punya harga logis. Yang...,, Yang.... terus bermunculan

dikepalaku... Hingga pada akhirnya aku coba mengambil satu jenis barang untuk ku isi di toko Online-ku..,, hmm.. Pilihannya jatuh Handuk.. Loh kok Handuk? Iya..,

menurutku handuk merupakan barang yang mudah pakai dengan harga yang relatif terjangkau oleh calon pembeli.

Langkah ketiga, mencari distributor. Lagi-lagi perjalanan yang panjang. Browsing sana.. Browsing sini.. dan akhirnya ketemu. Beruntungnya lagi, lokasinya ga jauh dari rumah. Daerah Meruya-Ilir, Kb. Jeruk Jakarta-Barat. "Ideal nih..", pikirku.

Lalu ku layangkan Email.

Kepada Yth,
Bapak/Ibu pimpinan
di tempat

Saya Andi,, saya hendak bertanya tentang handuk yang ada di webiste Bapak/Ibu. Kiranya boleh saya minta keterangan tentang,,
- Katalog detail.
- Harga (mengingat di website tidak dicantumkan harganya)
- Bagaimana untuk menjadi Reseller? Apakah ada harga khusus dan atau minimal pembelian.

Demikian pertanyaan saya. Atas waktu dan perhatiaannya, saya ucapkan terima-kasih.

Salam

Andi


Esok harinya, aku cek email untuk melihat jawaban yang telah aku tanyakan. Wekh.. belum dijawab. Oh,, mungkin sibuk kali. Pikir ku demikian. Positif thinking aja deh.

Terus esoknya lagi, aku cek kembali.. Waduh,, masih belom dijawab. Mungkin sangat sibuk sekali kali yah?! Positif thinking lagi. Esoknya aku check lagi. Masih belum.

Esoknya lagi..,, belum juga... "WEW...,, ini mah emang ga respon..!!!" teriak ku. Akhirnya aku putuskan untuk cari distributor yang lain. Browsing lagi...!!
Finaly,, aku mendapatkan distributor juga. Walau letaknya agak jauh dari rumah,, namun sikap responsif dari mereka membuat aku kagum. Terbukti dari layangan email ku yang dijawab dengan cepat pada esok harinya. Ibu Sofie namanya. Lokasinya di daerah keranji, Ciputat.

Tang..ting..tung... hitung2 modal ternyata belum cukup buat beli grosiran handuk itu. Hmm,, mending promosi dulu aja kali yah. Sambil nunggu pembeli,, sambil juga nunggu modal cukup.. OK..

Langkah keempat, akhirnya aku promosi terlebih dahulu. Dengan pengetahuan Internet marketing ku yang terbatas, ku masuki beberapa iklan gratis yang tersedia di internet. Facebook juga tak luput dari promosiku.

Beberapa waktu berjalan, hingga tabunganku dari aku bekerja, sudah cukup untuk membeli 1 lusin handuk grosiran itu.

Tapi, aku jadi ragu. Gimana tidak, promosiku yang telah gencar aku lakukan saja tidak ada yang respon. Boro2 beli atau pesan,, sekedar tanya2 handuk aja belom ada. Hahaha....

Akhirnya aku urungkan niat menggunakan tabunganku untuk membeli handuk sebagai produk pertama jualan ku ini. Nanti jangan2 malah ga laku lagi. Nanti malah habis dipakai sendiri lagi oleh anak2-ku yang memang senang dengan hal2 baru dan ber-bau lucu. Nanti... nanti... Hajoh.. makin banyak pertimbangan berkecamuk di pikiranku.

Beli tidak.. beli tidak... Aku cuma bisa maju mundur. Ternyata memang susah menyetarakan keyakinan, tekad dan fakta. Maunya sih nekad beli, tapi kalo ga ada sinyal begitu gimana donk..??

ADA IDE ?? Hehehehe....

No comments:

Post a Comment