Friday 20 November 2009

Sprei Pertama ^^

Melihat judul ini, mungkin ada yang punya persepsi aneh2.. hehehe... Tapi yang jelas ini bukan hal aneh kok. Iya., ini adalah cerita tentang pertama kalinya aku berhasil menjual sprei di dunia online. Sprei dari Sandy Collection dengan type Diamond. Loh kok, kenapa sprei duluan yang terjual? Bukannya dulu promo 'Handuk Glitter' yang gencar dilakukan secara Online? hehehe...

Pertama, mungkin karena supplier sprei lebih mudah ditemui dan sangat coorporatif. Dari pertama aku tanya2 tentang detail produk, baik melalui sms maupun telepon, Ibu Ami (si 'supplier' ini), menjawab segala pertanyaan ku secara responsif. Mulai dari motif dan tipe sprei sampai dengan harga2 dari produk itu sendiri. Sehingga membuat aku yakin untuk bisa memasarkan sprei sandy ini terlebih dahulu dan jadi ga' takut kalau2 ga' ada barangnya ketika ada order dari pembeli online.

Kedua, aku ga' perlu Stok. Kalo ada yang minta type tertentu, tinggal aku konfirmasi Ibu Ami untuk ketersediaan barang tersebut. 'Nothing to Loose'. Trus enaknya lagi, bisa beli satuan dengan harga grosiran. Hehehe.. Ajib'kan ?! Berbeda dengan supplier2 lain yang mengharuskan kita membeli dalam jumlah tertentu (kuantiti) untuk bisa mendapatkan harga grosiran tersebut. Kalaupun ada, pasti kendalanya adalah Ongkirnya (ongkos kirim). Kadang2, harga barang yang kita beli, nilainya jadi lebih besar setelah ditambah ongkir tersebut. Repotkan? Mau jual berapa ke Customer? hehehe.. Mungkin ilustrasinya gini.., barang yang mau kita jual,1 Pcs handuk, harga pasarannya Rp. 70,000.- , trus anggap saja kita mendapat harga grosir sebesar Rp. 60,000.- karena ada biaya pengiriman (semisal Rp. 20,000/Pcs), maka harga beli kita akan terhitung   Rp. 80,000.-/Pcs

Beli dari Supplier = Rp. 60,000.-/Pcs
Ongkir = Rp. 20,000.-
Total HPP(Modal) = Rp. 80,000.-

Trus mau ambil untung berapa? Rp. 1,000 ? Rp. 5,000 ? xixixi... Udah tau kan akhir nilai jualnya..! Itu udah jelas melebihi harga pasaran bukan? Kecuali kita bermain dalam jumlah yang besar. Yang mungkin bisa menekan biaya pengiriman/Ongkir. Lah wong ini baru skala 1-an kituh..(sunda-jawa neh..!)
Trus mungkin tragisnya lagi, pembeli kita dari luar daerah yang bisa nyedot Ongkir sebesar Rp. 30,000.- Hahaha.. makin ga karuan aja nilai jualnya. Pusingkan liat itung2an. Ya Sama.... Hiks

Patah sudah istilah / Jargon marketing yang menyatakan,

"Untuk melakukan pemasaran hebat, jangan pernah berhitung... Jual Jual dan terus lakukan penjualan.."
(Ini Aku kutip dari sebuah seminar MLM yang sempat aku ikuti beberapa waktu lalu. Nama MLM-nya.... Hmmm... Mau Tau Aza.. hehehehe)

Kalo merunut dari angka2 diatas, Yah bonyok Om..!!! Sapa juga yang mau jualan nombok.. Kecuali, barang yang kita jual itu sifatnya Unik dan tidak pasaran. Semisal, Guci antik, Batu Antik, Sepeda Antik, Handuk Antik.. Wekh..?! Emang ada Handuk Antik? xixixi.... Mungkin Handuknya pake remote kali yah..! Ato Handuk yang pernah dipake sama artis ternama. Mc Jackson Misalnya.. hehehe..

Mungkin yang bener Jargonnya gini kali yah,

"Untuk melakukan pemasaran yang hebat, jangan pernah diam.. Jual Jual dan terus jual selagi Untung..."
(Versi aku.. xixixi)

Kalo itu,, aku setuju... !! Hidup Untung.. !! Hehehe...

Mungkin ada benernya juga yang diusung oleh 'Hukum Ekonomi'. Jarak (where) bisa menjadi penentu nilai sebuah harga barang. Hayah.. Mau curhat kok jadi MODING (Moderator Dinding)...

Ketiga, entah ini kebetulan atau tidak. takdir atau keberuntungan.. aku berhasil memecahkan telur penjualan dari sekian waktu aku berpromosi di dunia online.. 'Fiuh..!! akhirnya..', batinku... Senang, Bangga, Puas dan terharu (hiks..) berpadu perasaanku saat itu.. Eh, beneran loh! hehehe.. mau lagi dunk dibeli... (Ngarep Mode:On)... Alhamdulillah, aku bisa untung Rp. 7.000.- dari penjualan sprei ku itu. Trus terang, aku ga pernah berpikir mendapat untung yang besar dari penjualan pertamaku ini. Esensinya adalah untung.

Hmm,, ada cerita unik dibalik keberhasilanku dalam melakukan penjualan pertamaku di dunia online ini..


(hehehe... sabar yah... aku lagi minta izin dari si empunya nama. Yaitu orang yang pertama kali membeli spreiku ini.... Nanti aku lanjut lagi... So Say-Tune on This Channel)


4 comments:

  1. wah,... selamet yach. Jualan online ternyata mengasikkan yach. Kapan2 mau coba ach. Ada saran buat saya nggak neh? Kira2 barang apa yang layak saya jual yach? mkasih.

    ReplyDelete
  2. Selamat mas..
    semoga penjualan tersebut bisa terus meningkat sampai penjualan sprei yg ke-sekian-ribu..
    haha
    Sukses :)

    ReplyDelete
  3. oh ya..
    Terima kasih telah memasang link blog saya :D
    segera saya link back..

    ReplyDelete
  4. @Kharis,, hehehe.. boleh juga mas.. Saran sih ga ada mas,, tapi kalo ditanya jualan apa, kembali ke minat/kesukaan dan hobbi dari barang/jasa yang akan kita jual kali yah... Idealnya sih itu.. Sebab kita bisa lebih paham secara spesifik tentang barang/jasa yang akan kita jual.. SUKSES ^^

    @Wellsen,, sama2 mas... Amin Dan thanks buat doa'nya...

    ReplyDelete